Romantika Langkitang Dan Pensi "Cucuik" Di Pantai Padang


Tepi pantai padang atau yang lebih dikenal dengan nama taplau memang jadi destinasi semua kalangan untuk melepaskan penat setelah aktifitas sehari-hari, baik dari anak-anak, remaja, dewasa maupun orang tua di Kota Padang.
Ramainya tempat ini dimulai dari pagi hari hingga malam hari, bahkan di tengah malam sampai subuh pun aktifitas masih terlihat di sini. Pagi hari banyak terlihat orang yang melakukan olahraga pagi, mulai dari sekedar lari/jogging sambil melihat pemandangan pantai padang yang segar di pagi hari. Siang hingga sore hari tepi pantai padang ini jadi tujuan masyarakat untuk menikmati syahdunya pemandangan pantai dan melihat indahnya ketika matahari terbenam di sore hari menjelang malam, sekedar nongkrong dengan teman/keluarga, dan menikmati kuliner-kuliner yang banyak terdapat di tepi pantai ini.

 
Salah satu kuliner yang terkenal dan banyak menyebar di sepanjang pantai padang, yaitu Langkitang. Langkitang ini merupakan makanan yang berbahan dari hewani air yang mirip seperti siput. Kuliner yang satu ini cukup digemari bagi masyarakat kota padang, juga masyarakat luar kota padang yang sedang berwisata ke Pantai ini. Selain karena harganya yang murah, langkitang juga makanan yang unik dan enak. Cara makan langkitang tidak seperti cara makan makanan lain yang langsung di makan dengan sendok/tangan. Tetapi ketika makan langkitang yang pertama harus dilakukan adalah menyedot daging langkitang dengan mulut untuk mengeluarkan daging dari cangkangnya. Dan langkitang biasanya di masak dengan cara di gulai.

Di Pantai Padang selain langkitang kita juga bisa menjumpai kuliner lain, seperti pensi. Pensi yang biasanya hanya bisa dijumpai di daerah sekitaran Danau Maninjau, sekarang ini juga sudah banyak dijual di "taplau". Cara makan pensi juga tidak jauh berbeda dengan langkitang, untuk makannya kita harus "mancucuik"/menyedot dengan mulut dulu dan sedikit menggunakan lidah untuk mengeluarkan daging pensi dari cangkang kerangnya.

Harga langkitang dan pensi di Pantai Padang ini termasuk makanan PaHe alias paket hemat. Karena untuk satu porsinya cuma cukup mengeluarkan uang sekitar 5 ribu rupiah aja. Tetapi untuk wisatawan baiknya sebelum membeli ditanya dulu harganya, supaya tidak terjadi kesalahpahaman harga :))
Sabtu malam dan hari minggu adalah hari yang ramai di tempat ini dikunjungi oleh masyarakat atau wisatawan dan muda-mudi yang pacaran juga. Jadi tempat makan langkitang dan pensi yang berada di daerah cukup strategis dan nyaman untuk melihat pemandangan pantai bakal lebih banyak didatangi dan penuh.

Comments

Popular Posts