Unik Dan Misteriusnya Danau Tarusan Kamang di Kabupaten Agam

Kalau kamu berkunjung ke Sumatra Barat, ada banyak pilihan destinasi wisata yang bisa kamu pilih, mulai dari gunung, danau, pantai dan banyak lagi yang tersebar di seluruh daratan dan pulau-pulau kecil di Sumtra Barat. Karena Sumatra Barat memang kaya akan pemandangan indah yang bisa kamu nikmati. Untuk kali ini, kita bakal membahas salah satu objek wisata danau tarusan kamang yang cukup unik berada di kabupaten Agam. Kenapa unik? Penasarannnn yaaa :P

sumber : google

 Ayo kita jawab rasa penasaran kamu akan danau tarusan kamang ini. Danau ini mempunyai keunikan tersendiri karena suatu waktu dapat dipenuhi air, dan di waktu lain dapat surut seperti sedang musim kemarau dan menjadi lapangan hijau yang luas.
Awalnya danau ini memang lapangan luas yang biasa digunakan masyarakat setempat untuk menggembalakan ternak. Tetapi suatu saat, lapangan luas ini dapat dibanjiri air dan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk kembali surut. Yang membuatnya terlihat makin indah adalah di tengah-tengahnya genangan air ada beberapa gundukan bukit yang tidak tertutupi air, yang terlihat seperti pulau di tengah danau.

Air danau tarusan kamang ini tidak berasal dari aliran sungai. Menurut keterangan para ahli dan masyarakat setempat, danau tarusan kamang ini mengalami pasang surut karena ada air yang muncul dari celah-celah batu. Perlu diketahui juga bahwa daerah tarusan kamang ini termasuk zona patahan Sumatra bagian timur, yang menyebabkan air dapat mengalami pasang surut suatu waktu. Kita bisa saja tidak menemukan danau atau genangan air jika suatu saat datang ke Danau Tarusan Kamang. Namun di waktu yang lain, juga bisa menemukan tempat ini memiliki banyak air yang melimpah dan terlihat seperti danau.

sumber : google
Dan berdasarkan keterangan yang didapati dari warga, keunikan lain yang ada di danau tarusan kamang ini adalah terkadang ada bunyi suara air yang sedang mendidih yang bisa kamu dengar ketika air datang mengaliri danau. Danau tarusan kamang ini berada di kaki bukit barisan, sekitar 14 kilometer dari kota Bukittinggi. Batu kapur yang ada di danau tarusan kamang disinyalir berusia sekitar ratusan abad dan memiliki kandungan mineral CAC02. CACO2 adalah Zat yang dibuat dalam laboratorium dan mempunyai sifat-sifat yang sama dengan mineral kalsit. Kalsit adalah sebuah mineral yang terdapat dalam batuan gamping dan merupakan mineral pembentuk batuan yang penting.


Danau ini diperkirakan sudah ada sejak 70 ribu tahun yang lalu, sehingga tidak ada satu pun warga yang  mencoba membangun rumah di batas air yang sewaktu-waktu akan berubah menjadi danau. Pebukitan karst di danau tarusan kamang usianya jauh lebih tua dibandingkan penukitan karst yang berada di Pulau Jawa. Karst adalah sebuah bentuk permukaan bumi yang pada umumnya dicirikan dengan adanya depresi tertutup (closed depression), drainase permukaan, dan gua. Daerah ini dibentuk terutama oleh pelarutan batuan, kebanyakan batu gamping (wikipedia). Karts di kamang diperkirakan sudah berusia 300-400 juta tahun lalu, karenanya pepohonan di atasnya tumbuh subur. Selain danau tarusan kamang, banyak juga gua aktif di bawah bukit karst atau batu gamping, sungai bawah tanah, dan danau bawah tanah. Tetapi keberadaannya hingga kini belum pernah diteliti.
Bagaimana?


Kamu tertarik untuk melihat objek wisata Danau Tarusan Kamang yang unik dan cukup misterius ini. Danau Tarusan Kamang terletak di Jorong Babukik dan Jorong Halalang, Nagari Kamang Mudiak, Kecamatan Kamang Magek, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Cuma 15 menit dari kota bukittinggi, untuk masuk ke lokasi wisata kamu cukup dikenakan biaya parkir kendaraan dan biaya masuk 5 ribu rupiah/orang. Wisata Danau Tarusan Kamang bisa menjadi destinasi yang tepat untuk liburan bersama keluarga atau teman-teman.
sumber : google

Comments

Popular Posts