Tips Traveling Murah


Jalan-jalan emang hal yang menyenangkan, karena kita dapat menemukan hal-hal yang baru yang blom pernah kita lihat dan rasakan. Selain itu kita juga dapat bertemu dengan orang baru dan kebudayaan baru, dan mungkin juga kalo dengan jalan-jalan kita bisa ketemu jodoh. Ehhh kali aja kan?Ngarep :p
Tapi jalan-jalan juga membutuhkan biaya tersendiri dan waktu yang kita luangkan dari waktu kesibukan harian kita. Kadang kita punya uang, tapi tidak punya waktu buat liburan/jalan-jalan, begitupun sebaliknya kadang kita punya waktu, tapi tidak punya cukup uang untuk jalan-jalan. Nah kali ini kita bakal membahas bagaimana caranya kita bisa melakukan jalan-jalan hemat dengan uang yang secukupnya. Semoga bermanfat ^_^
1. Hubungi Temen Di Kota Tujuan
Ini trik yang jitu sekali. Iya, hubungi temen kamu yang memang tinggal di daerah yang ingin kamu kunjungi. Mereka akan dengan senang hati akan menemani kamu jalan-jalan kok. Bilang saja lagi pengen jalan-jalan atau modus mau silaturahmi hehe. Jika ke luar negeri, jangan lupa juga hubungi teman-teman kamu yang tinggal atau sedang belajar disana. Biasanya teman yang kita hubungi akan mengajak kita menginap di rumahnya. Dan kalo beruntung, Biasanya temen-temen kamu juga akan ngebayarin kamu makan selama disana lho hehe. Tapi kalo kamu ga punya temen di kota tujuan, tenang aja karena sekarang sudah banyak social media/web/blog/forum pertemanan untuk traveler berbagi info, berbagi kamar/tempat tinggal, dan hal-hal yang memudahkan lainnya tentang traveling. Seperti : www.couchsurfing.com
2. Tidur di Tempat Umum Atau Cari Penginapan Murah
Ini juga trik jitu agar traveling murah, tidur di tempat umum. Tempat-tempat yang bisa kamu gunakan untuk tidur seperti SPBU, mesjid, terminal dll. Di SPBU kamu bisa tidur di musholla atau di terasnya. Nah untuk mesjid, ngga semua mesjid ngebolehin kita tidur, biasanya mesjid-mesjid besar ngga boleh. Jadi kamu bisa cari mesjid-mesjid yang agak kecil. Dan, jangan lupa izin dulu sama pengurus mesjidnya ya.Jika tidak ada temen yang bisa kamu “manfaatin” untuk menginap atau tidak ada tempat umum yang aman untuk kamu menginap, maka tida ada pilihan lain selain mencari penginapan. Carilah penginapan-penginapan yang murah meriah. Saran saya, gabunglah ke forum-forum atau fan page para traveler, kamu bisa nanya-nanya soal tempat penginapan murah yang recommended sama mereka.
3. Numpang Makan  dan Jangan Makan Yang Mahal
Saat traveling jangan makan di restoran mahal, itu pemborosan namanya kecuali memang worthed dan menyediakan makanan khas daerah tersebut. Carilah tempat makan yang murah-murah aja. Senin-Kamis puasa aja, biar lebih hemat hehe . Kalo bisa cari tumpangan buat makan, yaa berarti kamu harus punya kenalan dengan orang lokal.
4. Numpang atau Naik Angkutan Non AC
Di luar negeri kegiatan menumpang atau hitchhiking udah umum dilakukan. Kamu bisa menumpang mobil-mobil pribadi di jalan ataupun mobil pengangkut barang seperti truk. Kamu juga bisa meminta tumpangan dari pengendara motor. Jadi, usahakan penampilan kamu yang agak rapi dan bersih, kalau urakan si calon pemberi tumpangan malah curiga. Dengan menumpang, pengeluaran untuk transportasi akan lebih  kecil.
Sepertinya tidak mungkin jika kamu menumpang terus, ada kondisi dimana kamu harus naik angkutan juga. Nah, jika naik angkutan seperti bus, pilihkan tiket yang ekonomi atau non AC.
5. Jangan Hari Libur
Nah yang ini juga penting, hindari traveling saat hari libur, baik hari minggu ataupun hari libur panjang. Biasanya ketika hari libur tempat-tempat wisata berbayar memasang harga yang lebih mahal dari biasanya. Jika kamu tidak punya waktu lain, bisa dengan memilah-milah tempat wisata berbayar yang paling layak dikunjungi saja.
6. Jangan Lupa Survei
Jangan lupa cari tau tentang tempat yang ingin kamu datangi. Cari tau tentang wilayahnya, transportasi kesana, makanan khas, wisata alam, wisata budaya dan lainnya. Pokoknya catet semuanya yang menurut kamu perlu.Bikinlah road map yang jelas traveling ini akan ke daerah A, kemudian ke tempat B, C dan seterusnya. Susun juga planning yang jelas di daerah  atau tempat tersebut ingin melakukan apa saja, berapa estimasi biaya, menginap dimana dan lain sebagainya.
Ayoo silahkan dicoba tips-tipsnya, kalo tips ini sudah kamu coba semuanya dan berhasil berarti kamu memang orang yang bener-bener pandai berhemat dan menjalin pertemanan. So, mari bangun pertemanan sesama traveling mulai saat ini (Azas manfaat ni yeee?) 
Goodluck!!!

Comments

Popular Posts