Lamang Tapai, Jawara Jajanan Pasar Tradisional Minangkabau



Kalau kita bicara tentang Sumatera Barat atau Minangkabau memang seakan tak ada habisnya. Dimulai dari keindahan alam dan masakan makanan tradisional yang sangat lezat. Banyak orang bilang makanan Minangkabau ini cuma ada 2 rasa, yaitu enak dan enak banget.
Mungkin kita sudah sering menjumpai makanan-makanan berat yang bisa kita lihat di setiap rumah makan Padang yang hampir tersebar di seluruh penjuru dunia ini. Di Sumatera Barat juga banyak jajanan pasar tradisional, seperti salah’ satu yang akan kita bahas di artikel kali ini yaitu lamang tapai. Lamang tapai atau lemang tape adalah makanan atau jajanan pasar tradisional yang terbuat dari bahan beras ketan, lamang tapai dimasak menggunakan media bambu dan disajikan dengan tape atau masyarakat minangkabau menyebutnya dengan tapai katan hitam. Artikel terdahulu kita sudah pernah membahas tentang lamang tapai ini, tapi untuk kali kita juga akan membahas bagaiaman cara membuat lamang tapai sendiri di rumah.
Di Indonesia sendiri sebenarnya lamang tapai tidak hanya bisa temui di Sumatera Barat saja, tetapi kita juga bisa temui di daerah timur Indonesia yang dikenal dengan nama nasi ketan bambu. Bedanya dengan masyarakat minang lamang tapai disantap bareng dengan ketan hitam, sedangkan di daerah lain Indonesia disantap dengan campuran yang berbeda dan tersendiri.
Lamang tapai biasanya banyak di temukan waktu bulan Ramadhan datang, karena lamang tapai merupakan salah satu menu favorit masyarakat minangkabau untuk berbuka puasa. Dan selain sering dijumpai di bulan ramadhan, lamang tapai juga bisa kita temukan ketika hari-hari besar agama dan perayaan adat di Minangkabau.
Rasa lamang tapai antara manis dan asam yang tentu saja sangat enak ketika berada di lidah. Aroma peragian yang berasal dari tapai ketan hitam memang mampu menggugah selera siapa saja yang hendak mencicipi kuliner ini.

Kali ini kita gambarkan bagaimana cara membuat lamang tapai, kalau kamu tertarik ingin mencoba membuatnya sendiri atau karena kamu tidak dapat menemukan penjual lamang tapai yang berada dekat dengan daerah tempat tinggal mu.
Bahan-bahan dan Cara membuat Lamang Tapai
Bahan :
-          Beras ketan putih yang sudah dicuci bersih
-          Sedikit garam
-          Santan kelapa
-          Daun pandan
-         Sebilah ruas bamboo muda
-          Daun pisang
Cara :
Langkah pertama adalah beras ketan putuih yang sudah dicuci bersih dicampur dengan santan kelapa dan daun pandan yang sudah diberi sedikit garam. Selanjutnya masukkan campuran bahan yang sudah dicampurkan tersebut ke ruas bamboo mudah yang sudah disiapkan dan sudah dilapisi dengan daun pisang di dalamnya.Kemudian bakarlah di atas tungku sampai berwarna coklat. Angkat lalu kemudian dinginkan.
Lalu langkah selanjutnya adalah membuat kuah tapainya. Kuah tapai dibuat dari ketan yang dikukus. Setelah dikukus taburi ketan tersebut dengan ragi yang telah dihancurkan menjadi bubuk. Tutuplah ketan hitam tersebut dengan daun pisang dan diamkan selama 3 hari di tempat yang kering.
Selamat mencoba membuat lamang tapai, sebagai catatan lebih baik buatlah kuah tapainya terlebih dahulu, karena membuat ini membutuhkan waktu mendiamkan selama 3 hari.

Comments

Post a Comment

Popular Posts